469340823162156
Loading...

7 Hal ini dapat Merusak Kesehatan Mata

7 Hal ini dapat Merusak Kesehatan Mata. menjaga kesehatan mata. penyakit mata. penyebab mata rusak. mencegah kerusakan mata.
7 Hal ini dapat Merusak Kesehatan Mata - Mata merupakan salah satu indera yang digunakan untuk melihat. banyak orang yang tidak peduli dengan kesehatan matanya. hal ini mungkin banyak dialami oleh usia muda. gaya hidup, kebiasaan makan, lingkungan dan sikap sendiri adalah faktor yang mempengaruhi. Berikut ini adalah 7 hal yang dapat merusak kesehatan mata:

1. Sinar ultraviolet (UV)
Pada saat pancaran sinar matahari sedang sangat menyengat, Anda disarankan untuk memakai kacamata hitam. Mengapa harus demikian? Sinar UV yang berasal dari matahari dapat membahayakan mata Anda dengan membakar kornea dan merusak lensa mata serta retina. Selain itu, pancaran sinar UV berlebihan pada mata juga meningkatkan risiko katarak.

2. Merokok
Kebiasaan merokok memiliki banyak efek buruk pada kesehatan secara keseluruhan, menjadi rusaknya pandangan mata Anda adalah salah satunya. Pada rokok terdapat kandungan zat kimia dalam jumlah banyak dan merugikan bagian sensitif dari retina yang disebut makula. Ketika sel-sel makula mati, maka sudah dipastikan kerusakan pada mata akan sangat mungkin terjadi.

3. Mata lelah
Terkadang, tanpa sadar kita menempatkan terlalu banyak tekanan pada mata kita. Kita sering bekerja di depan komputer, menonton TV, bermain video game, membaca atau terus belajar selama berjam-jam. Ini menyebabkan kelelahan pada mata yang dapat memicu kerusakan mata.

4. Menggunakan komputer
Pada era teknologi seperti sekarang, komputer saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan, baik itu untuk bekerja maupun untuk belajar. Tetapi masalahnya adalah kita tidak tahu batas kemampuan tubuh untuk beraktivitas di depannya. Setiap harinya, kita melihat layar komputer selama lebih dari 5-6 jam dan kadang-kadang tidak memberikan jeda istirahat untuk mata. Bahkan tanpa sadar, selama bekerja kita bahkan lupa untuk berkedip. Hal seperti ini menyebabkan ketegangan mata, kelelahan mata, iritasi, kurangnya kepekaan terhadap cahaya, iritasi mata, dan penglihatan ganda.

5. Tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi darah tinggi bisa sangat berbahaya bagi mata jika tidak diobati. Kondisi ini merusak pembuluh darah di retina, yaitu daerah di belakang mata yang berfungsi untuk memfokuskan gambar. Penyakit ini dikenal sebagai retinopati hipertensi.

6. Alkohol
Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat berbahaya bagi tubuh, termasuk mata. Hal itu dapat menyebabkan masalah pada penglihatan dan kesehatan mata secara keseluruhan. Efek dari mengonsumsi alkohol berlebihan antara lain penurunan kinerja visual, reaksi pupil melambat, sering migrain, mata kemerahan, dan penurunan sensitivitas kontras.

7. Makanan tidak sehat
Jika Anda mengikuti pola makan yang tidak sehat dan tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan mata, Anda akan lebih rentan terhadap banyak penyakit mata. Kekurangan Vitamin A menyebabkan kebutaan atau kesulitan melihat pada malam hari dan mata teras kering. Demikian pula, rendahnya asupan vitamin B-12 dapat menyebabkan penglihatan kabur atau penglihatan ganda.
Health 9221630598227969883

Komentar Anda

Beranda item